SERAPAN GABAH SERGAB PETANI OLEH BULOG


    

Rambah Baru : Sekcam Rambah Samo USMAN SUGIONO di dampingi Kasi Tapem Kantor Kecamatan Rambah Samo menghadiri Serapan Gabah (Sergab) Petani oleh BULOG yang juga dihadiri oleh Ka.UPTD Pertanian Kecamatan Rambah Samo H. SYAHRIL,SP, Satgas Sergap Rohul Serda B. PANDIANGAN, dan dari BULOG RIDWAN POHAN yang berada di Desa Rambah Baru tepat nya di Dusun Suka Makmur pada hari rabu, 06/09/17.

            Dari pantauan dilapangan Bulog membeli Gabah Kering petani tersebut dengan Harga Rp. 5.115 / KG Gabah Kering Giling, untuk sementara ini dari dua Kelompok Tani yaitu Kelompok Tani Sempurna dan Kelompok Tani Harapan Baru 2 sudah ada lebih kurang 20 Ton Gabah kering giling milik petani yang sudah dibeli oleh Bulog, yang rencana pertamanya bulog hanya mau membeli mengambil lebih kurang sekitar 5 Ton namun karena banyak nya warga masyarakat yang mengantarkan Gabah tersebut maka dari Pihak Bulog terpaksa membeli semua Gabah Kering Giling sampai lebih kurang sebanyak 20 Ton Gabah Kering Giling.

            Menurut Kepala UPTD Pertanian H. SYAHRIL, SP, dari semua Kelompok Tani di Kecamatan Rambah Samo ini untuk Masa Tanam (MT) 2 yaitu Bulan April-September tahun 2017 ini diperkirakan mencapai lebih kurang 100 Ton Gabah Kering Giling. Ini merupakan hasil panen yang bagus. Munurutnya lagi dibadingkan dengan MT 2 ini beliau berpendapat bahwa MT 1 lebih bagus lagi yaitu sekitar lebih kurang 150 Ton Gabah Kering Giling, itu dikarenakan masa tanam tersebut terdapat pada bulan Oktober 2016 sampai Maret 2017 yaitu pada musim penghujan, jika hasil panen padi ini bisa ditingkatkan dari tahun ke tahun maka tidak menutup kemungkinan Kecamatan Rambah Samo bisa menjadi Lumbung pangan di Kabupaten Rokan Hulu ini seperti yang ingin kan oleh Camat Rambah Samo Drs. ZULBAHRI, M.Pd.

            Namun menurut UPTD Pertanian H. SYAHRIL, SP diperkirakan untuk Kecamatan Rambah Samo dari hasil panen padi untuk tahun ini sudah Surplus, jika itu untuk di konsumsi sendiri, namun jika Petani banyak menjual Gabah Kering tersebut kepada BULOG, dikhawatirkan tidak tercukupi untuk memenuhi kebutuhan beras di Kecamatan Rambah Samo ini. (Af)