Ratusan Prajurit Paskhas TNI AU Gelar Latihan Terjun Payung di Bandara Tuanku Tambusai Rohul


 

Danau Sati : Ratusan prajurit Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (AU) Batalion Komando (Yonko) 462 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru dengan Pelatih dari Paskhas TNI AU Bandung menggelar kegiatan latihan terjun payung bersama di Bandara Tuanku Tambusai di Dusun Okak Desa Rambah Samo Barat Kecamatan Rambah Samo, Rabu (1/2/2017) pagi.       

Selain Terjun Payung sudah menjadi kegiatan latihan rutin setiap tahunnya, kemarin Paskhas TNI AU pertama kali menggelar latihan terjun payung di Kabupaten Rokan Hulu sekaligus melakukan kegiatan simulasi pembebesan Sandra oleh Paskhas AU di Bandara Tuanku Tambusai.       

Kegiatan Paskhas TNI AU itu, dirangkai dalam kegiatan apel gabungan kegiatan TNI bersama rakyat Rohul yang dipimpin Plt Bupati Rohul H Sukiman. Turut hadir Kepala OPD, Camat, Kades se Rohul. Hadir Kadispers Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Kolonel Adm Dodi Sumardi, Kepala Keselamatan Kerja (Kalamja) Korpaskhas Bandung Kolonel Pas Novlamirsyah.       

Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto beserta istri, Kasdim  0313 KPR Mayor Hermen Anzamal Koto, Kalapas Klas II B Pasirpengaraian Muhammad Lukman,  Sekda Rohul Damri Harun, Ketua GOW Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, serta masyarakat dan para pelajar. 

Sebanyak 110 Anggota Paskhas TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin dan 35 prajurit TNI AU yang terlibat dalam kegiatan latihan rutin terjun Payung dan simulasi pembebasan Sandra menjadi perhatian oleh peserta apel siaga TNI bersama rakyat itu.       

Dengan keterampilan dan professional, ratusan Anggota Paskas TNI AU dalam melakukan latihan terjun payung berjalan lancar dan sukses. Termasuk kegiatan simulasi bebaskan sandra yang ditawan teroris di Bandara Tuanku Tambusai.       

Dengan menggunakan senjata lengkap, Anggota Paskhas TNI AU langsung melepaskan geranap asap serta terjadi baku tembak dari jarak dekat dengan musuh yang tengah berjaga dan menyandra seorang pejabat.       

Setelah berhasil melumpuhkan penjaga, pasukan langsung bergerak masuk ke sebuah rumah dan mengrebek. Anggota Paskhas TNI AU langsung melumpuhkan penyandra dan menyelamat pejabat yang menjadi korban penyandaraan serta meledakan lokasi penyandraan.

Plt Bupati Sukiman disela-sela atraksi terjun payung itu mengaku bangga melihat atraksi Prajurit TNI Paskhas TNI AU yang terampil dan professional.       

Sukiman mengaku dirinya terbawa susana saat berlangsungnya latihan terjun payung dan simulasi pembebasan Sandra. Karena Wabup Rohul itu mengaku merasakan dirinya seakan kembali kemasa lalu, saat masih berada di kesatuan TNI.       

“Kegiatan Paskhas TNI AU tadi, seakan mengingatkan masa lalu saya 35 tahun mengabdi di TNI. Mesti sekarang sudah pensiun, tetapi semangat prajurit TNI itu tetap terpatri dalam diri saya sampai sekarang,” ujarnya       

Diakuinya, kegiatan latihan yang dilakukan Anggota Paskhas TNI AU ini, memberikan dampak positif khususnya bagi generasi muda Rohul. Diharapkan, melalui kegiatan ini dapat menanamkan nilai-nilai patriotisme, cinta tanah air dan menjaga keutuhan NKRI.       

Ditempat terpisah, Kepala Keselamatan Kerja Korpaskhas Bandung Kolonel Pas Novlamirsyah selaku pelatih mengaku, latihan ini merupakan bagian pembinaan potensi Dirgantara Korpaskhas.       

Melalui kegiatan latihan rutin ini, TNI AU ingin menunjukan bahwa Tentara itu bukanlah arogan, TNI AU bagian dari rakyat dan melindungi rakyat. Tentunya kegiatan ini sebuah kemampuan Paskhas TNI AU, bagaimana rakyat bisa mengikutinya. Karena TNI adalah bagian dari Rakyat. (Rohul Today)